sharing kebaikan untuk bersama

Monday, January 4, 2016
Berlangganan

Memasak anti gemuk WAJIB BACA tips buat yang mau diet tapi doyan masak

Yang mau diet tapi demennya masak ini tips anti gemuknya, hindari hal hal seperti ini pada saat masak

Menggunakan Terlalu Banyak Minyak
Minyak zaitun merupakan lemak yang baik, namun bahan pokok ini juga padat kalori, dimana satu sendok makan memiliki hampir 125 kalori. Jumlah tersebut sepertinya tidak banyak, tetapi jika kita tidak waspada, sangat mudah untuk menggunakan minyak hingga empat kali lipat jumlah tersebut. Memang, menggunakan hanya satu sendok makan bisa sangat sulit, terutama untuk sayuran, karena sayuran cenderung menyerap minyak dengan cepat. Namun ada trik yang dapat kita gunakan, yaitu sayuran dimasak dengan dikukus ringan sebelum digoreng.
Kita semua tahu pentingnya mengatur porsi. Namun, ketika kita pulang kerja, kita mungkin merasa banyak waktu terbuang sia-sia untuk mengukur setiap bahan yang digunakan, sehingga kita memasak menggunakan patokan ukuran porsi. Patokan tersebut ternyata berpotensi menambah ratusan kalori tersembunyi pada makanan sehat Anda. Hindari kesalahan ini dengan menghabiskan waktu untuk mempelajari ukuran porsi yang sehat dari ikan, biji-bijian dan bahan-bahan lain.
Jika Anda kurang percaya diri di dapur, Anda dapat mengikuti resep yang ada. Tapi dengan terlalu mengikuti bahan-bahan dari resep masak tersebut, Anda kehilangan kesempatan berharga untuk membuat trik masak yang sehat. Misalnya, jika resep masak menggunakan secangkir krim, coba untuk mencampurm setengah krim tersebut dengan bubur alpukat atau bahkan yogurt Yunani. Pertukaran sederhana ini memotong kalori dan lemak tanpa mengorbankan rasa ataupun tekstur makanan.
Menahan dorongan untuk mencicipi makanan saat memasak mungkin tampak mustahil, terutama ketika kita sedang kelaparan. Walaupun sedikit mengemil tampak tidak berbahaya, namun dengan mengemil sedikit alpukat, atau segenggam kacang dapat menambah kalori yang kita makan. Hindari hal tersebut dengan menghilangkan nafsu makan, misalnya: coba mengunyah permen karet atau minum segelas air mineral saat memasak. Apakah Anda masih mengemil? Saatnya hukuman yang yang berat, yaitu untuk setiap gigitan, maka porsi makan di piring dikurangi sedikit.
Dorongan Untuk Menyantap Sisa Makanan
Bayangkan bahwa makan malam Anda lezat, perut Anda kenyang dan seharusnya Anda puas. Tapi ketika Anda pergi ke dapur untuk mencuci piring dan melihat panci berisi pasta di atas kompor, Anda merasa tergoda untuk menyantapnya kembali. Dahului dorongan makan kembali dengan menyingkirkan atau menyimpan sisa makanan sesegera mungkin.


Memperkirakan Ukuran Porsi
Terlalu Mengikuti Resep
Mengemil Saat Memasak


ads